Monday, October 7, 2013

Diskusi Online PBL 1

Laili isrami bergabung dengan percakapan
Laili isrami
pagi semua
Atika Mentari Nataya Nasution
assalamualailum
pagi mbak :)

Nurfazrina Rina
Pagi jugaa semuaa

Laili isrami
walaikumsalam-lum

Zulfa Dzatarohmah
haaaii semua

Atika Mentari Nataya Nasution
udah dibaca PBL nya kan?

Zulfa Dzatarohmah
Udah thay

Nurfazrina Rina
udah udah, mulai dari identifikasi msalah dulu kan?

Zulfa Dzatarohmah
berarti identifikasi masalah dlu

Laili isrami
yg kita kurang aktif di kelas ya
pada pertemuan ke 4

Atika Mentari Nataya Nasution
iya mbak, jadi disini masalah yang kita bahas adalh ketidakaktifan di kelas
kira-kira apa ya yg jadi pemicu dan penyebab ya?

Laili isrami
kenapa ya. kita cenderung permisif

Nurfazrina Rina
menurut rina pemicu nya itu karena kurang percaya diri ats pendapatnya masing-masing yaa
iya ga?

Zulfa Dzatarohmah
Mungkin kita tahu, tp sulit untuk mengutarakannya

Atika Mentari Nataya Nasution
iya setuju dengan rina dan xulfa :)

Laili isrami
kalo ami sih kerena merasa ada yg bakal lebih baik
jawabnya jadi males
kurang percaya diri juga sh mungkin. tapi kalo ditunjukkan lgsg
mungkin mau gak mau dijwab kan. salh atau bener

Zulfa Dzatarohmah
Takut salah jg mgkn

Nurfazrina Rina
iyaa bener, mungkin juga mbak
kurang menguasai materi juga mungkin jadi penyebab nya ga?

Zulfa Dzatarohmah
iya kalo udh ga nguasain bahan apalagi, bingung mau ngomomg apa

Atika Mentari Nataya Nasution
oke berarti kita dapat akar permaslahannya : 1. Kurang pede, 2. Takut salah, 3. Merasa ada yg lebih baik dan 4.Kurang menguasai bahan
sekrang coba sama sama kita analisa dan cari solusi dari bab 1 smp bab 4

Laili isrami
jadi ini termasuk proses belajar yg salah
kenapa? krn kita gagal menginterpretasi lingkungan
lingkungan berharap apa kita ngasih apa

Nurfazrina Rina
iyaa bener, khusunya di akar permasalahan ke 3 tadi ya
kita merasa bahwa orang lain punya pendapat yanmg lebih baik dari kita

Zulfa Dzatarohmah
Disisni sebenernya juga dibutuhkan penguatan

Laili isrami
penguatan apa ?

Zulfa Dzatarohmah
Karena proses belajar merupakan perubahan behavioral, yang aktif diberi penguatan

Nurfazrina Rina
iya, tapi selama ini dosen sudah cukup memberikan penguatan untuk kita, berupa apresiasi ats pendapat - pendapat kita

Atika Mentari Nataya Nasution
kalo dari sisi gestaltnya, menurut taya, kita terlalu memikirkan yang hal-hal spesifiknya mosalmya kita berfikir bahwa pendapat kita tidak baik dan merasa tidak terlalu memberikan kontribusi pada kelas, coba kalo kita berfikir secara keseluruhan bahwa proses belajar yg aktif memberikan banyak manfaat ke diri sendiri

Laili isrami
tapi ini juga bisa dipengaruhi kepribadian org
jujur. ami bukan tipe org yg belajar 2 arah
ami lebih suka diisi. nah kalo ami gak ngerti baru cari tahu sendiri dgn byk belajar lagi
dan cara ini berhasil
bukan model diskusi
jadi kalo model aktif di kelas. ami kayaknya sulit ambil bagian

Zulfa Dzatarohmah
Sebenermya balik lg ke individunya masing-masing lagi yah..
Diskusi itu penting juga dikala memecahkan hal yang sulit

Nurfazrina Rina
sama mbak, rina juga seperti, tapi kita juga berusaha untuk menyeimbangkan antara permintaan lingkungan dengan diri sendiri ya
maka dari berusaha untuk mencari solusinya ya mbak

Laili isrami
iyaa bener. hidup itu kan penyesuaian. belajar juga

Atika Mentari Nataya Nasution
iya bener sekali, ternyata kompleks ya masalah ketidakaktifan di kelas, yg penting skrg kita uda tau masalah dan penyebabnya, kita cari solusi ya sambil santai-santai
nanti kita lanjutin
gimanaa?

Zulfa Dzatarohmah
OK fine

Nurfazrina Rina
iyaa, pikirabn santai akan menghasilkan ide yang segar juga hehe

Laili isrami
:D assalamu'alaikum

Atika Mentari Nataya Nasution
waalaikum salam :)

No comments:

Post a Comment