BAB 5
Kondisi Belajar Robert Gagne
Keterampilan, apresiasi, dan penalaran manusia dengan semua variasinya, dan juga harapan, aspirasi, sikap, dan nilai-nilai manusia, umumnya diakui bahwa perkembangannya sebgaian besar bergantung pada peristiwa yang disebut dengan belajar. (Gagne, 1985, h. 1)
Asumsi Dasar:
Asumsi dasar dari teori Gagne mendeskripsikan sifat unik dari kegiatan belajar manusia dan definisinya tentang belajar.
Asumsi:
- Belajar dan pertumbuhan tidak boleh disamakan satu sama lain.
- Belajar adalah faktor kausal penting dalam perkembangan individual.
- Banyak hasil belajar manusia digeneralisasikan ke berbagai macam situasi.
- Belajar manusia adalah kumulatif, belajar keterampilan yang kompleks didasarkan pada belajar sebelumnya.
- Belajar bukan proses tunggal.
- Keharusan langkah awal untuk menganalisis keragaman belajar manusia.
- Belajar dan pemebelajaran harus dikembangkan secara beriringan.
- Lima ragam belajar.
- Kondisi belajar internal.
- Kondisi belajar eksternal.
No comments:
Post a Comment