Tuesday, October 8, 2013

BAB 5
Kondisi Belajar Robert Gagne

Keterampilan, apresiasi, dan penalaran manusia dengan semua variasinya, dan juga harapan, aspirasi, sikap, dan nilai-nilai manusia, umumnya diakui bahwa perkembangannya sebgaian besar bergantung pada peristiwa yang disebut dengan belajar. (Gagne, 1985, h. 1)

Asumsi Dasar:
Asumsi dasar dari teori Gagne mendeskripsikan sifat unik dari kegiatan belajar manusia dan definisinya tentang belajar.

Asumsi:
  • Belajar dan pertumbuhan tidak boleh disamakan satu sama lain.
  • Belajar adalah faktor kausal penting dalam perkembangan individual.
  • Banyak hasil belajar manusia digeneralisasikan ke berbagai macam situasi.
  • Belajar manusia adalah kumulatif, belajar keterampilan yang kompleks didasarkan pada belajar sebelumnya.
  • Belajar bukan proses tunggal.
Pendekatan Gagne untuk pemahaman belajar pada manusia berbeda dengan pendekatan sebelumnya, terutama dalam dua hal:
  1. Keharusan langkah awal untuk menganalisis keragaman belajar manusia.
  2. Belajar dan pemebelajaran harus dikembangkan secara beriringan. 
Kerangka belajar yang dideskripsikan Gagne terdiri dari:
  • Lima ragam belajar.
  • Kondisi belajar internal.
  • Kondisi belajar eksternal.

No comments:

Post a Comment