Sunday, September 29, 2013

Manfaat dan Lika-liku Kuliah Online

Saya merasa kuliah online ini adalah sebuah kemajuan teknologi yang baik. Disamping menghemat waktu, juga lebih membantu. Tapi juga memiliki berbagai kendala. Saya ingin bercerita pengalaman saya ketika kuliah online pertama mata kuliah psikologi belajar.

Pada hari itu saya sudah online melalui 2 gadget. Tapi saya tetap tidak bisa masuk ke dalam room chat. Akhirnya saya menyerah. Keesokan harinya ada tugas dari kuliah online kemarin. Yaitu, diskusi online dengan teman sekelompok. Ketika diskusi tersebut saya juga tidak bisa-bisa masuk ke room chat. Akhirnya, saya merasa mungkin ada masalah dengan gadget atau jaringan internet saya. Lalu saya pergi ke warnet, setiba di warnet juga seperti itu. Saya sangat penasaran, kenapa tidak bisa-bisa? Akhirnya saya mencoba mengotak-ngatiknya. Setelah beberapa menit mengotak-ngatik saya menemukan penyebabnya. Gmail saya ternyata sudah di upgrade sehingga tidak bisa connect untuk masuk ke room chat dengan yang lainnya. Akhirnya saya menurunkan versi gmail saya ke versi yang lama. Setelah itu saya bisa masuk room chat. Lalu kami pun melakukan diskusi online.

Solusi yang saya dapatkan dari pengalaman ini adalah jangan mudah menyerah. Teruslah berusaha menemukan apa yang membuat kita penasaran. Agar kita lebih maju!

No comments:

Post a Comment