Psikologi Belajar - Diskusi Behavioristik dan Gestalt
Kelompok :
Berikut ini adalah rekaman diskusi kelompok kami :
Tuesday, September 24, 2013:
111301108zulfa@gmail.com joined the conversation - 9:02 AM
111301020li@gmail.com joined the conversation - 9:02 AM
11036nurfazrina - 9:03 AM
udah masuk kan semuanya?
111301108zulfa - 9:03 AM
Udah Rin
111301020li - 9:04 AM
haiii pagiii
akhirnyaaa
x-(
Atika Mentari Nataya Nasution - 9:05 AM
yauda kita mulai aja la ya
111301020li - 9:05 AM
mulai dari behavior
111301108zulfa - 9:05 AM
OK
Atika Mentari Nataya Nasution - 9:06 AM
kalo behavior kan tokohnya Pavlpv danSkinner
111301020li - 9:06 AM
watson juga
11036nurfazrina - 9:07 AM
iyaaa, tentang stimulus respon gituu kan yaa
111301020li - 9:07 AM
malah watson yg memberi dasar behaviorstik
111301108zulfa - 9:07 AM
Iya
Skinner yang tentang box2 itu kan
11036nurfazrina - 9:08 AM
iya zulfaa
kita bahas aplikasinya aja yuuk
Atika Mentari Nataya Nasution - 9:08 AM
taya punya kasus yang bisa dibahas pake teori behavior ni
11036nurfazrina - 9:09 AM
boleh bole share kitaaa
111301108zulfa - 9:09 AM
Skinner mulai dengan analisis model empiris Pavlov terhadap perubahan perilaku.
11036nurfazrina - 9:10 AM
iyaa itu jadi fokusnyaa yakan, perubahan perilaku krna ada respon yang diberikan
eh stimulus deng, salah hehe
111301020li - 9:11 AM
kasus taya mana
Atika Mentari Nataya Nasution - 9:11 AM
kadi kan, taya punya adek sepupu, dia umurnya masih 5 tahun, skrg dia uda masuk TK kan. Tapi namanya anak-anak, ada rasa malas juga ke sekolah. Jadi kalau dia gk sekpla dia dihukum gak boleh main2, tp kalau doa sekolah dia boleh main2. gmana mernurut kalian?
111301108zulfa - 9:12 AM
doa?
Atika Mentari Nataya Nasution - 9:12 AM
*dia maksudnya
111301020li - 9:12 AM
gak boleh main dirumah?
Atika Mentari Nataya Nasution - 9:12 AM
main ke luar mbak
11036nurfazrina - 9:12 AM
ini kasus operan kan ya?
ada punishment dan reward kan?
111301020li - 9:13 AM
iyaaa
111301108zulfa - 9:13 AM
Itulah bentuk reward dan punishment nya
111301020li - 9:13 AM
nah punish nya itu gak boleh main
11036nurfazrina - 9:13 AM
terus ngaruh sama anak itu sampai skrg tay?
111301108zulfa - 9:14 AM
Trus dengan adanya reward dan punishment itu sepupu Thaya perilakunya jadi gimana?
Atika Mentari Nataya Nasution - 9:14 AM
Alhamdulillah, ada lah perubahannya. ya sekarang dia uda rajin ke sekolah walau banhun pagi agak telat
111301020li - 9:14 AM
proses belajarnya salah gak sih
dia mau ke sekolah karena tau bakal di kasih main keluar
seharusnya perilaku dia bisa diconditioning kan ulang
11036nurfazrina - 9:16 AM
di conditioningkan dengan apa mbak?
111301108zulfa - 9:16 AM
Hmmm...
Nanti dia jadi bergantung pada reward tersebut
111301020li - 9:16 AM
dengan stimulus baru mbak
11036nurfazrina - 9:17 AM
ooo yang lebih bermanfaat ya mbak?
111301020li - 9:17 AM
ingat chain of respon stimulus pas kepri gak?
nah, respon bisa jadi stimulus baru bagi idv
iyaaa mbak
11036nurfazrina - 9:17 AM
ooo yang berantai gitu kan ya ?
111301020li - 9:18 AM
iyaa mbak, jadi stimulusnya mau ke sekolah
nah guru merespon dengan memberi pelajran dengan cara yang menyenangkan
111301108zulfa - 9:18 AM
Trus Chain of Respon nya?
Oh iya yah..
111301020li - 9:18 AM
ke sekolah- dapat pelajar asyik- senang- teman bari
teman baru
Atika Mentari Nataya Nasution - 9:19 AM
menurut taya kebalikannya mbak
111301020li - 9:19 AM
wee. maaf salah ketik_
iyaa bisa mbak
tapi respon yang dihasilkan terakir dari stimulus main diluar mau ke sekolah mbak
atau ami salah interpretasi ??
Atika Mentari Nataya Nasution - 9:20 AM
jadi stimulus : pelajaran yg menyenangkan, respon : mau sekolah,
111301108zulfa - 9:21 AM
trus reward nya ga ada lg?
Penguatnya apa?
Atika Mentari Nataya Nasution - 9:24 AM
kalo teori conditioningkan, hanya ada asosiasi stimulus tanpa menggunakan reward/punish. tapi kalao teori operant, dalam prpses belajar diperlukan reward/punish
111301108zulfa - 9:25 AM
Jadi tadi dari operant diubah jadi conditioning
11036nurfazrina - 9:25 AM
iyaaa jd menurut rina, walaupun mengunakan prinsip conditioning ataupun operan yang terpenting itu adanya perubahan perilaku kann
111301020li - 9:26 AM
iyaa. sebenernya bisa dibahas pake classical atau operant
111301108zulfa - 9:26 AM
Iya.. Tapi biasanya yang menggunakan teknik ini ga berlaku lama perubahan perilakunya
111301020li - 9:26 AM
nah, kalo gestalt ?
11036nurfazrina - 9:26 AM
di buku Margaret Gatler juga bilang gituu
DARI YANG RINA BACA
maaf ke caps lock wee hahaa
111301108zulfa - 9:27 AM
Gestalt fokus pada pengalaman persepsi
111301020li - 9:27 AM
iya bisa dibuat lama asal reinforcenya berulang kan ada fix ratio dkk
hahhaa. sengaja kan mbak
11036nurfazrina - 9:27 AM
iyaaa lebih ke persepsi kita bagaimana kita memecahkan masalah
111301108zulfa - 9:27 AM
Oh yang ada 4 pengelompokannya itu kan
111301020li - 9:28 AM
untuk anak-anak menurut kalian efektif ?
Atika Mentari Nataya Nasution - 9:28 AM
ini kita bahs gestalt atau balik ke behavior mbak?
111301020li - 9:28 AM
behavior udah fix kan ?
intinya. anak tadi harus diberi stimulus baru yang lebih berguna
jadi dia bisa ke sekolah tanpa embel-embel bisa main
ini bisa dibentuk kan dengan permberian reinforcement berkala
111301108zulfa - 9:30 AM
Jadi intinya behavior itu baik digunakan untuk mengubah perilaku-perilaku yang umum..
11036nurfazrina - 9:30 AM
udah mbak, kesimpulannya adalah mau pakai prinsip apa aj, yang terpenting adalah perubahan perubaha perilakunya karena diberikan stimulus pada individu mbak
menurut yang rina baca di buku gituu mbak hehee
111301020li - 9:30 AM
benaaar... :D
111301108zulfa - 9:31 AM
OK deh lanjut Gestalt nih?
111301020li - 9:31 AM
jadi balik ke yg tadi.menrut kalian prinsip si gestalt bisa diterapkan sama anak-anak ?
terutama sepupu taya yg masih 5 tahun itu ?
111301108zulfa - 9:32 AM
Berarti kita harus liat perilaku molarnya dulu bukan yang molekular
11036nurfazrina - 9:33 AM
iyaaa zulfaaa, bener
Atika Mentari Nataya Nasution - 9:33 AM
ada contoh kasus utk gestalt?
11036nurfazrina - 9:33 AM
maksudnya kan individu merespom keseluruhan ketimpan sebagian gitu kan
111301108zulfa - 9:34 AM
Iyah..
11036nurfazrina - 9:34 AM
contohnya seperti dalam mengenal huruf yang dibuat garisnya putus2
111301020li - 9:34 AM
nah keseluruhan itu gimana ya mbak mbak ? amimasih belum paham. apa hanya sekedar kayak neglihat titik-titik
11036nurfazrina - 9:34 AM
kan butun persepsi kita dalam menebaknya itu huruf apa
111301108zulfa - 9:34 AM
Iya berarti baik donk buat anak2?
111301020li - 9:34 AM
jadi satu gitu ?
11036nurfazrina - 9:35 AM
iyaaa, contohnya sperti titik-titik yang disusun membentuk huruf mbak
kita ga akan bisa tau itu huruf apa kalau titik2nya cuma kita lihat sebagian aja mbak
111301020li - 9:36 AM
iyaa mbak, maksud ami aplikasi kehidupan nyata mbak ?
111301108zulfa - 9:36 AM
Yang mudahnya kaya gambar smile.. Kalo smile gt kan kita tau itu gambar senyum.. Tapi kalo terpisah-pisah gt kn maknanya jadi beda.. Ada lingkaran, 2 titik, dan 1 setengah lingkaran..
maknanya jd beda2 gt kan
111301020li - 9:36 AM
kalo kayak dibuku kan katanya da aspek wawasan, pemecahan masalah
111301108zulfa - 9:36 AM
intinya keseluruhan itu lebih baik
111301020li - 9:37 AM
ibarat suatu perilaku. mama kita marah-marah satu harian sama kita
11036nurfazrina - 9:37 AM
iyaa keseluruhan lebih baik itu intinya di teori gestalt hehee
111301020li - 9:37 AM
trus kita bingung marahnya kenapa
ternyata sebelum marah-marah mama kita udah kecapekan pulang belanja trus harus bersihin rumah dll
disitu kita melihat perilaku menjadi satu bagian
gitu ? jadi kita bisa memahami marah itu sebagai apa>
gitu gak sih mbak ?
Atika Mentari Nataya Nasution - 9:39 AM
iya mbak, tapi kita jgn perilau marah-marahnya saja, melainkan kita harus memahami secara keseluruhan
111301108zulfa - 9:39 AM
Bener itu
11036nurfazrina - 9:39 AM
bener bener, jadi udah dapet dong kita intinyaa
111301108zulfa - 9:39 AM
soalnya kalo diliat 1 sisi aja kurang maknanya
111301020li - 9:40 AM
okeee. dapet
11036nurfazrina - 9:41 AM
jadi kan sebenarnya psikologi getalt itu penentang teori behaviorisme kan, krna behaviorisme mengatakan bahwa individu berperan pasif dalam proses belajar, sedangkan gestalt mengatakan bahwa individu berperan aktif dalam membangun persepsi untuk memecahkan masalah.
111301108zulfa - 9:41 AM
Selanjutnya kita mau bahas siapa lagi?
Atika Mentari Nataya Nasution - 9:41 AM
setujuu sama rinaa :)
111301108zulfa - 9:42 AM
Saya juga setuju
111301020li - 9:42 AM
beeeneer mbaak
Atika Mentari Nataya Nasution - 9:43 AM
oke deh makasih ya mbak atas pendapatnya :))
111301020li - 9:43 AM
apakah telah selesai ?
111301108zulfa - 9:43 AM
Iya udah nih sepertinya
111301020li - 9:44 AM
terima kasih juga kepada kaliaan :D
Atika Mentari Nataya Nasution - 9:44 AM
okee :)
11036nurfazrina - 9:44 AM
aiyaa terimakasih jugaaa :)
111301108zulfa - 9:44 AM
Semoga apa yang kita bahas disisni dapat diaplikasikan di dalam kehidupan sehari-hari
11036nurfazrina - 9:44 AM
iyaaa aminn
111301020li - 9:45 AM
<3
Atika Mentari Nataya Nasution - 9:45 AM
pasti, utk perubahan perilaku yg lebih baik :)
11036nurfazrina - 9:45 AM
bukan hanya untuk mengerjakan tugas aja, tp kita aplokasikan hehe
aplikasikan maksudnya
No comments:
Post a Comment