Tuesday, September 24, 2013

Psikologi Belajar - Diskusi Behavioristik dan Gestalt

Kelompok :
 
 Berikut ini adalah rekaman diskusi kelompok kami :
Tuesday, September 24, 2013:
111301108zulfa@gmail.com joined the conversation - 9:02 AM

111301020li@gmail.com joined the conversation - 9:02 AM

11036nurfazrina - 9:03 AM
udah masuk kan semuanya?

111301108zulfa - 9:03 AM
Udah Rin

111301020li - 9:04 AM
haiii pagiii
akhirnyaaa
x-(

Atika Mentari Nataya Nasution - 9:05 AM
yauda kita mulai aja la ya

111301020li - 9:05 AM
mulai dari behavior

111301108zulfa - 9:05 AM
OK

Atika Mentari Nataya Nasution - 9:06 AM
kalo behavior kan tokohnya Pavlpv danSkinner

111301020li - 9:06 AM
watson juga

11036nurfazrina - 9:07 AM
iyaaa, tentang stimulus respon gituu kan yaa

111301020li - 9:07 AM
malah watson yg memberi dasar behaviorstik

111301108zulfa - 9:07 AM
Iya
Skinner yang tentang box2 itu kan

11036nurfazrina - 9:08 AM
iya zulfaa
kita bahas aplikasinya aja yuuk

Atika Mentari Nataya Nasution - 9:08 AM
taya punya kasus yang bisa dibahas pake teori behavior ni

11036nurfazrina - 9:09 AM
boleh bole share kitaaa

111301108zulfa - 9:09 AM
Skinner mulai dengan analisis model empiris Pavlov terhadap perubahan perilaku.

11036nurfazrina - 9:10 AM
iyaa itu jadi fokusnyaa yakan, perubahan perilaku krna ada respon yang diberikan
eh stimulus deng, salah hehe

111301020li - 9:11 AM
kasus taya mana

Atika Mentari Nataya Nasution - 9:11 AM
kadi kan, taya punya adek sepupu, dia umurnya masih 5 tahun, skrg dia uda masuk TK kan. Tapi namanya anak-anak, ada rasa malas juga ke sekolah. Jadi kalau dia gk sekpla dia dihukum gak boleh main2, tp kalau doa sekolah dia boleh main2. gmana mernurut kalian?

111301108zulfa - 9:12 AM
doa?

Atika Mentari Nataya Nasution - 9:12 AM
*dia maksudnya

111301020li - 9:12 AM
gak boleh main dirumah?

Atika Mentari Nataya Nasution - 9:12 AM
main ke luar mbak

11036nurfazrina - 9:12 AM
ini kasus operan kan ya?
ada punishment dan reward kan?

111301020li - 9:13 AM
iyaaa

111301108zulfa - 9:13 AM
Itulah bentuk reward dan punishment nya

111301020li - 9:13 AM
nah punish nya itu gak boleh main

11036nurfazrina - 9:13 AM
terus ngaruh sama anak itu sampai skrg tay?

111301108zulfa - 9:14 AM
Trus dengan adanya reward dan punishment itu sepupu Thaya perilakunya jadi gimana?

Atika Mentari Nataya Nasution - 9:14 AM
Alhamdulillah, ada lah perubahannya. ya sekarang dia uda rajin ke sekolah walau banhun pagi agak telat

111301020li - 9:14 AM
proses belajarnya salah gak sih
dia mau ke sekolah karena tau bakal di kasih main keluar
seharusnya perilaku dia bisa diconditioning kan ulang

11036nurfazrina - 9:16 AM
di conditioningkan dengan apa mbak?

111301108zulfa - 9:16 AM
Hmmm...
Nanti dia jadi bergantung pada reward tersebut

111301020li - 9:16 AM
dengan stimulus baru mbak

11036nurfazrina - 9:17 AM
ooo yang lebih bermanfaat ya mbak?

111301020li - 9:17 AM
ingat chain of respon stimulus pas kepri gak?
nah, respon bisa jadi stimulus baru bagi idv
iyaaa mbak

11036nurfazrina - 9:17 AM
ooo yang berantai gitu kan ya ?

111301020li - 9:18 AM
iyaa mbak, jadi stimulusnya mau ke sekolah
nah guru merespon dengan memberi pelajran dengan cara yang menyenangkan

111301108zulfa - 9:18 AM
Trus Chain of Respon nya?
Oh iya yah..

111301020li - 9:18 AM
ke sekolah- dapat pelajar asyik- senang- teman bari
teman baru

Atika Mentari Nataya Nasution - 9:19 AM
menurut taya kebalikannya mbak

111301020li - 9:19 AM
wee. maaf salah ketik _
iyaa bisa mbak
tapi respon yang dihasilkan terakir dari stimulus main diluar mau ke sekolah mbak
atau ami salah interpretasi ??

Atika Mentari Nataya Nasution - 9:20 AM
jadi stimulus : pelajaran yg menyenangkan, respon : mau sekolah,

111301108zulfa - 9:21 AM
trus reward nya ga ada lg?
Penguatnya apa?

Atika Mentari Nataya Nasution - 9:24 AM
kalo teori conditioningkan, hanya ada asosiasi stimulus tanpa menggunakan reward/punish. tapi kalao teori operant, dalam prpses belajar diperlukan reward/punish

111301108zulfa - 9:25 AM
Jadi tadi dari operant diubah jadi conditioning

11036nurfazrina - 9:25 AM
iyaaa jd menurut rina, walaupun mengunakan prinsip conditioning ataupun operan yang terpenting itu adanya perubahan perilaku kann

111301020li - 9:26 AM
iyaa. sebenernya bisa dibahas pake classical atau operant

111301108zulfa - 9:26 AM
Iya.. Tapi biasanya yang menggunakan teknik ini ga berlaku lama perubahan perilakunya

111301020li - 9:26 AM
nah, kalo gestalt ?

11036nurfazrina - 9:26 AM
di buku Margaret Gatler juga bilang gituu
DARI YANG RINA BACA
maaf ke caps lock wee hahaa

111301108zulfa - 9:27 AM
Gestalt fokus pada pengalaman persepsi

111301020li - 9:27 AM
iya bisa dibuat lama asal reinforcenya berulang kan ada fix ratio dkk
hahhaa. sengaja kan mbak

11036nurfazrina - 9:27 AM
iyaaa lebih ke persepsi kita bagaimana kita memecahkan masalah

111301108zulfa - 9:27 AM
Oh yang ada 4 pengelompokannya itu kan

111301020li - 9:28 AM
untuk anak-anak menurut kalian efektif ?

Atika Mentari Nataya Nasution - 9:28 AM
ini kita bahs gestalt atau balik ke behavior mbak?

111301020li - 9:28 AM
behavior udah fix kan ?
intinya. anak tadi harus diberi stimulus baru yang lebih berguna
jadi dia bisa ke sekolah tanpa embel-embel bisa main
ini bisa dibentuk kan dengan permberian reinforcement berkala

111301108zulfa - 9:30 AM
Jadi intinya behavior itu baik digunakan untuk mengubah perilaku-perilaku yang umum..

11036nurfazrina - 9:30 AM
udah mbak, kesimpulannya adalah mau pakai prinsip apa aj, yang terpenting adalah perubahan perubaha perilakunya karena diberikan stimulus pada individu mbak
menurut yang rina baca di buku gituu mbak hehee

111301020li - 9:30 AM
benaaar... :D

111301108zulfa - 9:31 AM
OK deh lanjut Gestalt nih?

111301020li - 9:31 AM
jadi balik ke yg tadi.menrut kalian prinsip si gestalt bisa diterapkan sama anak-anak ?
terutama sepupu taya yg masih 5 tahun itu ?

111301108zulfa - 9:32 AM
Berarti kita harus liat perilaku molarnya dulu bukan yang molekular

11036nurfazrina - 9:33 AM
iyaaa zulfaaa, bener

Atika Mentari Nataya Nasution - 9:33 AM
ada contoh kasus utk gestalt?

11036nurfazrina - 9:33 AM
maksudnya kan individu merespom keseluruhan ketimpan sebagian gitu kan

111301108zulfa - 9:34 AM
Iyah..

11036nurfazrina - 9:34 AM
contohnya seperti dalam mengenal huruf yang dibuat garisnya putus2

111301020li - 9:34 AM
nah keseluruhan itu gimana ya mbak mbak ? amimasih belum paham. apa hanya sekedar kayak neglihat titik-titik

11036nurfazrina - 9:34 AM
kan butun persepsi kita dalam menebaknya itu huruf apa

111301108zulfa - 9:34 AM
Iya berarti baik donk buat anak2?

111301020li - 9:34 AM
jadi satu gitu ?

11036nurfazrina - 9:35 AM
iyaaa, contohnya sperti titik-titik yang disusun membentuk huruf mbak
kita ga akan bisa tau itu huruf apa kalau titik2nya cuma kita lihat sebagian aja mbak

111301020li - 9:36 AM
iyaa mbak, maksud ami aplikasi kehidupan nyata mbak ?

111301108zulfa - 9:36 AM
Yang mudahnya kaya gambar smile.. Kalo smile gt kan kita tau itu gambar senyum.. Tapi kalo terpisah-pisah gt kn maknanya jadi beda.. Ada lingkaran, 2 titik, dan 1 setengah lingkaran..
maknanya jd beda2 gt kan

111301020li - 9:36 AM
kalo kayak dibuku kan katanya da aspek wawasan, pemecahan masalah

111301108zulfa - 9:36 AM
intinya keseluruhan itu lebih baik

111301020li - 9:37 AM
ibarat suatu perilaku. mama kita marah-marah satu harian sama kita

11036nurfazrina - 9:37 AM
iyaa keseluruhan lebih baik itu intinya di teori gestalt hehee

111301020li - 9:37 AM
trus kita bingung marahnya kenapa
ternyata sebelum marah-marah mama kita udah kecapekan pulang belanja trus harus bersihin rumah dll
disitu kita melihat perilaku menjadi satu bagian
gitu ? jadi kita bisa memahami marah itu sebagai apa>
gitu gak sih mbak ?

Atika Mentari Nataya Nasution - 9:39 AM
iya mbak, tapi kita jgn perilau marah-marahnya saja, melainkan kita harus memahami secara keseluruhan

111301108zulfa - 9:39 AM
Bener itu

11036nurfazrina - 9:39 AM
bener bener, jadi udah dapet dong kita intinyaa

111301108zulfa - 9:39 AM
soalnya kalo diliat 1 sisi aja kurang maknanya

111301020li - 9:40 AM
okeee. dapet

11036nurfazrina - 9:41 AM
jadi kan sebenarnya psikologi getalt itu penentang teori behaviorisme kan, krna behaviorisme mengatakan bahwa individu berperan pasif dalam proses belajar, sedangkan gestalt mengatakan bahwa individu berperan aktif dalam membangun persepsi untuk memecahkan masalah.

111301108zulfa - 9:41 AM
Selanjutnya kita mau bahas siapa lagi?

Atika Mentari Nataya Nasution - 9:41 AM
setujuu sama rinaa :)

111301108zulfa - 9:42 AM
Saya juga setuju

111301020li - 9:42 AM
beeeneer mbaak

Atika Mentari Nataya Nasution - 9:43 AM
oke deh makasih ya mbak atas pendapatnya :))

111301020li - 9:43 AM
apakah telah selesai ?

111301108zulfa - 9:43 AM
Iya udah nih sepertinya

111301020li - 9:44 AM
terima kasih juga kepada kaliaan :D

Atika Mentari Nataya Nasution - 9:44 AM
okee :)

11036nurfazrina - 9:44 AM
aiyaa terimakasih jugaaa :)

111301108zulfa - 9:44 AM
Semoga apa yang kita bahas disisni dapat diaplikasikan di dalam kehidupan sehari-hari

11036nurfazrina - 9:44 AM
iyaaa aminn

111301020li - 9:45 AM
<3

Atika Mentari Nataya Nasution - 9:45 AM
pasti, utk perubahan perilaku yg lebih baik :)

11036nurfazrina - 9:45 AM
bukan hanya untuk mengerjakan tugas aja, tp kita aplokasikan hehe
aplikasikan maksudnya

No comments:

Post a Comment