Saturday, April 12, 2014

PEDAGOGI ABAD 21


Pedagogi abad ke-21 yang dikenal juga sebagai pedagogi progresif. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, termasuk TIK memang telah melahirkan perubahan besar dalam pola pembelajaran. Pedagogi tidak hanya berbicara mengenai seni dan ilmu mengajar, melainkan juga mendorong banyak orang untuk melakukan redesain dan pemahaman ulang atas bagaimana menggunakannya untuk merumuskan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan kemajuan zaman. Pedagogi progresif adalah metode pembelajaran yang berorientasi pada tujuan kegiatan yang disengaja dan direncanakan di mana outcome, guru dan peran serta aktivitas siswa benar-benar jelas dan dijelaskan. Penelitian mengenai penggunaan berbagai metode pembelajaran dalam pengaturan tatap muka mengungkapkan bahwa dalam kondisi tertentu, adalah dimungkinkan untuk memindahkan peserta didik dari tingkat belajar rendah (misalnya, hafalan/menghafal data dan fakta) ke tingkat yang lebih tinggi dalam pembelajaran (misalnya pemahaman tentang fenomena yang kompleks dan disarikan melalui keterampilan berpikir kritis, kreatif, dan kompleks). Penelitian tersebut juga menegaskan bahwa siswa yang menggunakan strategi pembelajaran aktif dan beragam lebih memungkinkan untuk memperoleh tingkat pemahaman yang lebih canggih daripada siswa yang tidak menggunakan strategi pembelajaran aktif dan beragam (Williams, 2002).

Saya sering memberikan pembelajaran kepada adik saya dengan cara membimbingnya secara langsung. Pada suatu ketika adik saya meminta diajarkan mengerjakan pekerjaan rumah (PR). Adik saya duduk di kelas 4 SD. Adik saya ingin diajarkan pelajaran kesenian. Pada saat itu materinya adalah tentang alat musik dari daerah-daerah yang berasal dari Indonesia. Untuk mempermudah adik saya memahami lebih mudah alat-alat musiknya, saya membuka dan mencari alat-alat musik tersebut melalui google di gadget saya. Akhirnya keluarlah gambar-gambar alat musik beserta daerah asalnya. Adik saya, saya suruh membaca dan melihatnya. Lalu mengisi jawaban dari pertanyaan PR-nya. Dan saya juga menyuruhnya untuk menghafal beberapa dari alat-alat musik tersebut beserta daerah asalnya. Sebagai persiapan adik saya ulangan harian keesokan harinya. Setelah adik saya menghafalnya, saya mengujinya dengan menanyakan kembali. Ketika ada jawaban yang salah maka saya menyuruh adik saya membaca dan menghafalnya lagi.

Dari pengalaman saya dengan adik saya tersebut, saya dapat menyimpulkan bahwa terdapat kesesuaian dengan pedagogi abad 21. Dimana pedagogi abad 21 kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, termasuk TIK memang telah melahirkan perubahan besar dalam pola pembelajaran. Dapat terlihat dari gambaran, pada saat itu materinya adalah tentang alat musik dari daerah-daerah yang berasal dari Indonesia. Untuk mempermudah adik saya memahami lebih mudah alat-alat musiknya, saya membuka dan mencari alat-alat musik tersebut melalui google di gadget saya. Akhirnya keluarlah gambar-gambar alat musik beserta daerah asalnya. Tetapi terdapat kekurangan dimana saya hanya menyuruh adik saya membaca dan menghafalnya tanpa menyuruh adik saya untuk mengaplikasikannya sehingga adik saya dapat menjadi lebih aktif dan kreatif. Terlihat dari adik saya, saya suruh membaca dan melihatnya. Lalu mengisi jawaban dari pertanyaan PR-nya. Dan saya juga menyuruhnya untuk menghafal beberapa dari alat-alat musik tersebut beserta daerah asalnya. Sebagai persiapan adik saya ulangan harian keesokan harinya. Setelah adik saya menghafalnya, saya mengujinya dengan menanyakan kembali. Ketika ada jawaban yang salah maka saya menyuruh adik saya membaca dan menghafalnya lagi. Padahal seharusnya terdapat penelitian lain yang mengatakan mengenai penggunaan berbagai metode pembelajaran dalam pengaturan tatap muka mengungkapkan bahwa dalam kondisi tertentu, adalah dimungkinkan untuk memindahkan peserta didik dari tingkat belajar rendah (misalnya, hafalan/menghafal data dan fakta) ke tingkat yang lebih tinggi dalam pembelajaran (misalnya pemahaman tentang fenomena yang kompleks dan disarikan melalui keterampilan berpikir kritis, kreatif, dan kompleks).

No comments:

Post a Comment