Friday, June 8, 2012


Strategi Tentor Dalam Mengajar Les

Mata Kuliah                   : Psikologi Pendidikan
Tugas                             : Tugas Mini Proyek 2011/2012
Topik Bahasan     : Dinamika Mengajar Pengajar yang Bukan Profesional
Tempat Penelitian          : BT/BS Bima Jl. Bantam No. 6A Medan


Anggota :
Icfadila Hanisa Lubis     (111301022)
Mentari Br Purba           (111301028)
Zulfa Dzatarohmah        (111301108)








Universitas Sumatera Utara
Fakultas Psikologi
2012


KATA PENGANTAR
            Puji dan syukur kami ucapkan kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat serta hidayah-Nya, sehingga penyusunan laporan mengenai Strategi Tentor Dalam Mengajar Les ini dapat terselesaikan dengan baik.
            Adapun penyusunan laporan ini berdasarkan data-data yang kami peroleh dari hasil survey yang telah dilakukan dan teori-teori pendukung.
            Kami menyadari bahwa dalam penyusunan laporan ini tidak lepas dari dukungan beberapa pihak, oleh karena itu pada kesempatan ini kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada:
1.      Ibu Filia Dina Anggaraeni, M.Pd selaku dosen mata kuliah Psikologi Pendidikan yang telah membimbing kami dalam melakukan survey ini.
2.      Orang tua kami yang telah memberikan dukungan moral dan materil.
3.         Teman-teman seangkatan yang telah banyak membantu.
4.         Responden-responden yang telah banyak membantu.
Kami menyadari sepenuhnya bahwa dalam penyusunan laporan ini masih banyak kekurangan karena keterbatasan pengetahuan dan kemampuan, untuk itu kritik dan saran yang membangun dari pembaca sangat diharapkan demi kesempurnaan makalah ini.
Demikian kata pengantar ini kami buat, semoga dapat bermanfaat khususnya bagi kami dan pembaca pada umumnya.








BAB I
PERENCANAAN
1.1 Pendahuluan
Seperti yang telah kita ketahui, selain sekolah tempat les merupakan sarana untuk melaksanakan proses belajar mengajar. Tetapi perbedaannya, jika sekolah kita berada di suatu lembaga yang mengeluarkan ijazah yang sudah diatur oleh negara. Sedangkan jika di tempat les kita tidak mendapat ijazah yang sudah diatur oleh negara. Dan juga di sekolah kita diajar dan dididik oleh pengajar yang memiliki ijazah resmi yang sesuai dengan bidang mengajarnya. Seperti di sekolah-sekolah milik pemerintah, guru harus memiliki ijazah keguruan yang sesuai dengan bidangnya. Sedangkan di tempat les pengajar tidak harus memiliki ijazah keguruan. Seperti ada pengajar Fisika yang lulusan Fakultas Teknik, bahkan di beberapa tempat les ada pengajar yang belum selesai studinya dan belum memiliki ijazah.

Sesuai dengan buku (Santrock, J.W. 2008. Psikologi Pendidikan) mengenai strategi pengajaran. Di dalamnya terdapat Kontruktivisme yang menekankan agar individu secara aktif menyusun dan membangun (to construct) pengetahuan dan pemahaman. Menurut pandangan kontruktivis, guru bukan sekadar memberi informasi ke pikiran anak, akan tetapi guru harus mendorong anak untuk mengeksplorasi dunia mereka, menemukan pengetahuan, merenung, dan berfikir secara kritis (Brooks & Brooks, 2001).

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui startegi mengajar guru atau tentor di tempat les atau bimbingan belajar. Untuk itu kami mengunjungi BT/BS Bima sebagai tempat untuk melaksanakan penelitian ini. Kami memberikan kuisioner kepada 12 orang tentor sebagai partisipan.


1.2 Landasan Teori
Strategi belajar mengajar, menurut J.R. David dalam Teaching Strategies for College Class Room (1976) ialah aplan, method, or series of activities designe to achicves a particular educational goal (P3G, 1980). Menurut pengertian ini strategi belajar mengajar meliputi rencana, metode dan perangkat kegiatan yang direncanakan untuk mencapai tujuan pengajaran tertentu. Untuk melaksanakan strategi tertentu diperlukan seperangkat metode pengajaran. Strategi dapat diartikan sebagai aplan of operation achieving something “Rencana Kegiatan Untuk Mencapai Sesuatu”. Sedangkan metode ialah a way in achieving something “Cara Untuk Mencapai Sesuatu”. Untuk melaksanakan suatu strategi digunakan seperangkat metode pengajaran tertentu. Dalam pengertian demikian maka metode pengajaran menjadi salah satu unsur dalam strategi belajar mengajar. Unsur seperti sumber belajar, kemampuan guru dan siswa, media pendidikan, materi pengajaran, organisasi adalah: waktu tersedia, kondisi kelas dan lingkungan merupakan unsur-unsur yang mendukung strategi belajar mengajar.

1.3.1 Komponen Strategi Belajar Mengajar
1.      Tujuan pengajaran
Tujuan pengajaran merupakan acuan yang dipertimbangkan untuk memilih strategi belajar mengajar.
2.      Guru
Masing-masing guru berbeda dalam pengalaman, pengetahuan, kemampuan aran, gaya mengajar, pandangan hidup dan wawasan. Perbedaan ini mengakibatkan adanya perbedaan dalam pemilihan strategi belajar mengajar yang digunakan dalam program pengajaran.
3.      Peserta didik
Dalam kegiatan belajar mengajar peserta didik mempunyai latarbelakang yang berbeda-beda, hal ini perlu dipertimbangkan dalam menyusun strategi belajar mengajar yang tepat.
4.      Materi pelajaran
Materi pelajaran dapat dibedakan antara materi formal (isi pelajaran dalam buku teks resmi/buku paket di sekolah) dan materi informal (bahan-bahan pelajaran yang bersumber dari lingkungan sekolah).
5.      Metode pengajaran
Ada berbagai metode pengajaran yang perlu dipertimbangkan dalam strategi belajar mengajar.
6.      Media pengajaran
Keberhasilan program belajar mengajar tidak tergantung dari canggih atau tidaknya media yang digunakan, tetapi dari ketepatan dan keefektifan media yang digunakan.
7.      Faktor administrasi dan finansial
Terdiri dari jadwal pelajaran, kondisi gedung dan ruang belajar.

1.3.2 Jenis-Jenis Strategi Belajar Mengajar
Dalam hal ini dikenal tiga macam strategi belajar mengajar yaitu:
1.      Strategi belajar mengajar yang berpusat pada guru.
1.      Strategi belajar mengajar yang berpusat pada peserta didik.
2.      Strategi belajar mengajar yang berpusat pada materi pengajaran.
Dilihat dari kegiatan pengolahan pesan atau materi, maka strategi belajar mengajar dibedakan dalam dua jenis, yaitu:
1.      Strategi belajar mengajar ekspositori dimana guru mengolah secara tuntas pesan/materi sebelum disampaikan di kelas sehingga peserta didik tinggal menerima saja.
2.      Strategi belajar mengajar heuristik atau kuriorstik, dimana peserta didik mengolah sendiri pesan/materi dengan pengarahan dari guru.
Strategi belajar mengajar dilihat dari cara pengolahan atau memproses pesan atau materi dibedakan dalam dua jenis yaitu:
1.      Strategi belajar mengajar deduksi yaitu pesan diolah mulai dari umum menuju kepada yang khusus, dari hal-hal yang abstrak kepada hal-hal yang konkrit.
2.      Strategi belajar mengajar induksi yaitu pengolahan pesan yang dimulai dari hal-hal yang khusus menuju ke hal-hal umum, dari peristiwa-peristiwa yang bersifat induvidual menuju ke generalisasi.

1.3 Alat atau Bahan
·      Surat Izin.
·      Lembar wawancara 12 lembar.
·      Alat-alat tulis.
·      Kamera untuk dokumentasi.
·      Reward = Stabilo.
1.4 Analisis Data
Untuk menganalisis data kami mengajukan pertanyaan dalam bentuk kuisioner kepada beberapa tentor. Kami memilih BT/BS BIMA untuk mengisi kuisioner tersebut. Kuisioner tersebut kami berikan kepada 12 orang tentor di BT/BS BIMA. Dengan demikian, kami dapat menganalisis data dari data yang kami dapatkan dari kuisioner yang kami ajukan. Dengan data tersebut kami dapat menganalisis untuk mengetahui strategi tentor dalam mengajar. Apakah menggunakan strategi yang sama atau berbeda. Yang pada akhirnya kami dapat menyimpulkan data tersebut melalui analisis data ini.
1.5 Objek atau Subjek
Subjek : Strategi Tentor Dalam Mengajar Les
Objek  : 12 orang tentor BT/BS BIMA

Yaitu 3 tentor Bahasa Indonesia, 2 tentor Bahasa Inggris, 3 tentor Matematika, 1 tentor Biologi, 1 tentor Kimia, 1 tentor geografi, dan 1 tentor Sejarah dan Sosiologi.

1.6 Jadwal Pelaksanaan

No.
Tanggal
Kegiatan
1.
Senin, 14 Mei 2012
Mendiskusikan dan menentukan tema dan judul.
2.
Senin, 21 Mei 2012
Mulai membahas tema dan judul untuk membuat perecanaan.
3.
Selasa, 29 Mei 2012
Koordinasi dengan BT/BS BIMA.
4.
Rabu, 30 Mei 2012
Membuat Surat Izin.
5.
Sabtu, 2 Juni 2012
Membahas dan merencanakan ulang, membuat kuisioner.
6.
Senin, 4 Juni 2012
Perencanaan desain poster.
7.
Rabu, 6 Juni 2012
Koordinasi ulang dengan BT/BS BIMA.
8.
Kamis, 7 Juni 2012
Pengisian kuisioner oleh 12 Tentor di BT/BS BIMA. Analisis data dan mendesain poster.
9.
Jum’at, 8 Juni 2012
Kesimpulan dan evaluasi.
10.
Sabtu, 9 Juni 2012
Memposting di blog.

1.7 Kalkulasi Biaya

Biaya ngeprint lembar kuisioner = Rp 1.500,00
Biaya fotocopy lembar kuisioner = Rp 1.200,00
Biaya pembelian reward              = @2.000 x 12 = Rp 24.000,00
























BAB II
PELAKSANAAN
Pengambilan data dilaksanakan pada hari Kamis, 7 Juni 2012. Setelah selesai kuliah hari kamis, kami langsung menuju ke BT/BS BIMA. Sesampainya disana kami menuju ruang kantor untuk meminta izin. Setelah berkoordinasi akhirnya kami diberikan waktu untuk mengambil data dari para tentor. Karena hari sebelumnya kami sudah mengkoordinasikannya. Surat izin kami serahkan kepada pusat informasi untuk diserahkan ke pimpinan BT/BS BIMA. Pada hari sebelum kami melaksanakan pengambilan data. Bapak Pimpinan yaitu Bapak dr. Robert Valentino Tarigan, S.Pd sangat menyambut kami dengan baik dan ramah.
Kami menuju ruangan para tentor untuk membagikan kuisioner. Kami membagikannya kepada 12 orang tentor yaitu, 3 tentor Bahasa Indonesia, 2 tentor Bahasa Inggris, 3 tentor Matematika, 1 tentor Biologi, 1 tentor Kimia, 1 tentor geografi, dan 1 tentor Sejarah dan Sosiologi. Setelah menunggu beberapa menit, kuisioner kami telah selesai diisi. Lalu kami membagikan reward yang berupa stabilo sebagai tanda terima kasih. Setelah itu kami melakukan dokumentasi yang berupa foto.
Selesai dokumentasi kami mengucapkan terima kasih kepada para tentor dan meninggakan ruangan tentor. Kami menuju ke ruangan kantor untuk mengucapkan terima kasih dan pamit. Kami beranjak dari BT/BS BIMA sekitar pukul 15.00 WIB. Setelah itu kami menganalisis data dan mendesain poster.







BAB III
PELAPORAN dan EVALUASI
2.1   Laporan
Data yang kami dapatkan dari kuisioner:
*      3 tentor Bahasa Indonesia

Tentor Pertama;
1.      Data Diri.
Nama               : Widiarti S. Pasaribu
TTL                 : Lubuk Dalam, 7 Mei 1989
Tamatan          : USU S-1
Jurusan            : Sastra Indonesia

2.      Sudah berapa lama mengajar di BT/BS Bima ?
Lebih kurang 3 tahun.

3.      Pelajaran apa yang diajar di BT/BS Bima ?
Bahasa Indonesia.

4.      Masih kuliah atau sudah tamat kuliah ?
Sudah tamat.

5.      Apakah sebelumnya memang berencana menjadi tentor ?
Ya.
6.      Metode apakah yang digunakan saat mengajar ?
Quantum Teaching.

7.      Bagaimanakah strategi yang digunakan dalam mengajar ?
Memberi materi, motivasi dan hubungan yang menyenangkan dengan anak didik.

8.      Apakah ada strategi khusus dari BT/BS Bima dalam mengajar ? (Bagaimana)
Senyum, suasana senang diciptakan, pemberian materi pelajaran yang singkat, padat dan mudah dipahami, memberi motivasi dan berdiskusi.

9.      Apakah ada strategi khusus tersendiri dari tentor dalam mengajar sesuai dengan pelajaran yang diajarkan ? (Bagaimana)
Setelah seluruh strategi di atas saya jalankan, saya menambahkan cerita-cerita penyemangat dan trik-trik belajar yang handal dari pengalaman saya sendiri.

10.  Suka duka mengajar di BT/BS Bima.
Suka 90%
Duka 10%
VIVA BIMA

Tentor Kedua;
1.      Data Diri.
Nama               : Irawati Br. Bangun
TTL                 : Kabanjahe, 28 Mei 1990
Tamatan          : USU
Jurusan            : Bahasa Indonesia

2.      Sudah berapa lama mengajar di BT/BS Bima ?
1 bulan.

3.      Pelajaran apa yang diajar di BT/BS Bima ?
Bahasa Indonesia.

4.      Masih kuliah atau sudah tamat kuliah ?
Masih kuliah.

5.      Apakah sebelumnya memang berencana menjadi tentor ?
Iya.

6.      Metode apakah yang digunakan saat mengajar ?
Ceramah.

7.      Bagaimanakah strategi yang digunakan dalam mengajar ?
Pakem.

8.      Apakah ada strategi khusus dari BT/BS Bima dalam mengajar ? (Bagaimana)
Tanya jawab.

9.      Apakah ada strategi khusus tersendiri dari tentor dalam mengajar sesuai dengan pelajaran yang diajarkan ? (Bagaimana)
Cara cepat.

10.  Suka duka mengajar di BT/BS Bima.
Suka : Honor, banyak teman, banyak mendapat pengalaman.
Duka : Denda.

Tentor Ketiga;
1.      Data Diri.
Nama               : Dra. Happy Listiawati
TTL                 : Bandar Lampung, 10 Maret 1959
Tamatan          : FKIP (UNILA)
Jurusan            : Bahasa dan Sastra

2.      Sudah berapa lama mengajar di BT/BS Bima ?
7 tahun.

3.      Pelajaran apa yang diajar di BT/BS Bima ?
Bahasa Indonesia.

4.      Masih kuliah atau sudah tamat kuliah ?
Sudah tamat.

5.      Apakah sebelumnya memang berencana menjadi tentor ?
Tidak, tetapi menjadi tentor dunia yang baru dan penuh inovasi.

6.      Metode apakah yang digunakan saat mengajar ?
Ceramah.

7.      Bagaimanakah strategi yang digunakan dalam mengajar ?
Pakem.

8.      Apakah ada strategi khusus dari BT/BS Bima dalam mengajar ? (Bagaimana)
Menjawab soal dengan cara tanya jawab.

9.      Apakah ada strategi khusus tersendiri dari tentor dalam mengajar sesuai dengan pelajaran yang diajarkan ? (Bagaimana)
Cara cepat.

10.  Suka duka mengajar di BT/BS Bima.
Suka : Banyak tahu daerah di SUMUT.
Duka : Kalau diberi jadwal mendadak.


*      2 tentor Bahasa Inggris

Tentor Pertama;
1.      Data Diri.
Nama               : Fitri
TTL                 : Rantau Prapat
Tamatan          : UNIMED S-1
Jurusan            : Sastra Inggris

2.      Sudah berapa lama mengajar di BT/BS Bima ?
3,5 tahun.

3.      Pelajaran apa yang diajar di BT/BS Bima ?
Bahasa Inggris.

4.      Masih kuliah atau sudah tamat kuliah ?
Sudah tamat kuliah.

5.      Apakah sebelumnya memang berencana menjadi tentor ?
Ya.

6.      Metode apakah yang digunakan saat mengajar ?
Pakem.
Menjelaskan materi dengan beberapa contoh soal, pembahasan, penyelesaian, memberikan kuis.

7.      Bagaimanakah strategi yang digunakan dalam mengajar ?
Memberikan cara cepat dalam memahami pelajaran (menggunakan jembatan keledai).

8.      Apakah ada strategi khusus dari BT/BS Bima dalam mengajar ? (Bagaimana)
Mendekatkan diri dengan siswa sehingga dalam menyampaikan materi lebih mantap karena siswa tidak lagi takut-takut dalam bertanya. Menyisipan lelucon supaya siswa tidak terlalu tegang.

9.      Apakah ada strategi khusus tersendiri dari tentor dalam mengajar sesuai dengan pelajaran yang diajarkan ? (Bagaimana)
Terkadang dalam mengajar menyisipkan penggunaan bahasa inggris dengan menerjemahkannya kemudian.
Bersikap sedikit humoris agar siswa lebih santai dalam belajar dan bertanya mengenai pelajaran.

10.  Suka duka mengajar di BT/BS Bima.
Mengenal beberapa daerah melalui jadwal yang ditentukan.


Tentor Kedua;
1.      Data Diri.
Nama               : Klara
TTL                 : 22 Juli 1985
Tamatan          : USU
Jurusan            : Kehutanan

2.      Sudah berapa lama mengajar di BT/BS Bima ?
8 bulan.

3.      Pelajaran apa yang diajar di BT/BS Bima ?
Bahasa Inggris.

4.      Masih kuliah atau sudah tamat kuliah ?
Tamat kuliah.

5.      Apakah sebelumnya memang berencana menjadi tentor ?
Tidak.

6.      Metode apakah yang digunakan saat mengajar ?
Ceramah.

7.      Bagaimanakah strategi yang digunakan dalam mengajar ?
Pakem.

8.      Apakah ada strategi khusus dari BT/BS Bima dalam mengajar ? (Bagaimana)
Menulis di white board dan tanya jawab.

9.      Apakah ada strategi khusus tersendiri dari tentor dalam mengajar sesuai dengan pelajaran yang diajarkan ? (Bagaimana)
Menjawab dengan cara cepat.

10.  Suka duka mengajar di BT/BS Bima.
Suka : Gaji banyak.
Duka : Ada dendanya.


*      3 tentor Matematika

1.      Data Diri.
Nama               : Masrida
TTL                 : Padang Sidempuan, 5 Juli 1988
Tamatan          : UNIMED S-1
Jurusan            : Pendidikan Matematika

2.      Sudah berapa lama mengajar di BT/BS Bima ?
Lebih kurang 4 tahun.

3.      Pelajaran apa yang diajar di BT/BS Bima ?
Matematika.

4.      Masih kuliah atau sudah tamat kuliah ?
Ssudah tamat kuliah.

5.      Apakah sebelumnya memang berencana menjadi tentor ?
Ya.

6.      Metode apakah yang digunakan saat mengajar ?
Pakem.

7.      Bagaimanakah strategi yang digunakan dalam mengajar ?
Pembelajaran yang menyenangkan dengan menggunakan alat bantu media (power point).

8.      Apakah ada strategi khusus dari BT/BS Bima dalam mengajar ? (Bagaimana)
Menyenangkan, cepat dan tepat.

9.      Apakah ada strategi khusus tersendiri dari tentor dalam mengajar sesuai dengan pelajaran yang diajarkan ? (Bagaimana)
Membuat siswa lebih aktif belajar dengan cara membuat isi pelajaran menjadi menyenangkan.

10.  Suka duka mengajar di BT/BS Bima.
Suka : Lebih banyak mendapatkan teman, mengenal lebih banyak karakter siswa.
Duka : Kalau tempat mengajarnya jauh membuat lelah dan lama pulangnya nyampai rumah.

Tentor Kedua;
1.      Data Diri.
Nama               : Janter Tambunan
TTL                 : Lubuk Pakam, 19 April 1988
Tamatan          : S-1
Jurusan            : Pendidikan Matematika

2.      Sudah berapa lama mengajar di BT/BS Bima ?
1,5 tahun.

3.      Pelajaran apa yang diajar di BT/BS Bima ?
Matematika.

4.      Masih kuliah atau sudah tamat kuliah ?
Sudah tamat.

5.      Apakah sebelumnya memang berencana menjadi tentor ?
Iya.

6.      Metode apakah yang digunakan saat mengajar ?
Pakem “Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan”.

7.      Bagaimanakah strategi yang digunakan dalam mengajar ?
Menjelaskan materi, memberi contoh soal dan memberikan kuis untuk mengetahui penguasaan siswa terhadap materi yang diajarkan.

8.      Apakah ada strategi khusus dari BT/BS Bima dalam mengajar ? (Bagaimana)
Ada, menggunakan cara cepat/ jembatan keledai.

9.      Apakah ada strategi khusus tersendiri dari tentor dalam mengajar sesuai dengan pelajaran yang diajarkan ? (Bagaimana)
Ada, dengan menggunakan cara cepat sehingga siswa lebih mudah paham materi yang diajarkan.

10.  Suka duka mengajar di BT/BS Bima.
Suka : Mengenal berbagai macam karakter siswa, menambah pergaulan, menjelajahi daerah/ tempat yang belum pernah dijalani sebelumnya.

Tentor Ketiga;
1.      Data Diri.
Nama               : Jeprianto P Silaban
TTL                 : Sidikalang, 30 September 1991
Tamatan          : -
Jurusan            : Matematika

2.      Sudah berapa lama mengajar di BT/BS Bima ?
1,5 tahun.

3.      Pelajaran apa yang diajar di BT/BS Bima ?
Matematika.

4.      Masih kuliah atau sudah tamat kuliah ?
Masih.

5.      Apakah sebelumnya memang berencana menjadi tentor ?
Tidak.

6.      Metode apakah yang digunakan saat mengajar ?
-

7.      Bagaimanakah strategi yang digunakan dalam mengajar ?
Pakem.

8.      Apakah ada strategi khusus dari BT/BS Bima dalam mengajar ? (Bagaimana)
Pakem.

9.      Apakah ada strategi khusus tersendiri dari tentor dalam mengajar sesuai dengan pelajaran yang diajarkan ? (Bagaimana)
Cara cepat.

10.  Suka duka mengajar di BT/BS Bima.
Suka : Gaji lumayan.
Duka : Ada denda.


*      1 tentor Biologi

1.      Data Diri.
Nama               : Verawati. S
TTL                 : Rao, 27 Februari 1983
Tamatan          : Universitas Riau
Jurusan            : Biologi

2.      Sudah berapa lama mengajar di BT/BS Bima ?
Lebih kurang 12 bulan.

3.      Pelajaran apa yang diajar di BT/BS Bima ?
Biologi.

4.      Masih kuliah atau sudah tamat kuliah ?
Tamat.

5.      Apakah sebelumnya memang berencana menjadi tentor ?
Ya.

6.      Metode apakah yang digunakan saat mengajar ?
Ceramah.

7.      Bagaimanakah strategi yang digunakan dalam mengajar ?
Pakem.

8.      Apakah ada strategi khusus dari BT/BS Bima dalam mengajar ? (Bagaimana)
Tanya jawab.

9.      Apakah ada strategi khusus tersendiri dari tentor dalam mengajar sesuai dengan pelajaran yang diajarkan ? (Bagaimana)
Menjawab soal, cara cepat.

10.  Suka duka mengajar di BT/BS Bima.
Suka : Banyak gajinya.
Duka : Ada denda.


*      1 tentor Kimia

1.      Data Diri.
Nama               : Fitri
TTL                 : 26 April 1990
Tamatan          : -
Jurusan            : Pendidikan Kimia

2.      Sudah berapa lama mengajar di BT/BS Bima ?
4 bulan.

3.      Pelajaran apa yang diajar di BT/BS Bima ?
Kimia.

4.      Masih kuliah atau sudah tamat kuliah ?
Masih Kuliah.

5.      Apakah sebelumnya memang berencana menjadi tentor ?
Ya, berencana.

6.      Metode apakah yang digunakan saat mengajar ?
Ceramah dan tanya jawab.

7.      Bagaimanakah strategi yang digunakan dalam mengajar ?
Pakem.

8.      Apakah ada strategi khusus dari BT/BS Bima dalam mengajar ? (Bagaimana)
Ada, cara menulis di white board.

9.      Apakah ada strategi khusus tersendiri dari tentor dalam mengajar sesuai dengan pelajaran yang diajarkan ? (Bagaimana)
Ada, menerangkan cara cepat menjawab soal.

10.  Suka duka mengajar di BT/BS Bima.
Suka : Gaji lumayan.
Duka : Ada dendanya.

*      1 tentor Geografi

1.      Data Diri.
Nama               : Yurnani
TTL                 : Perbaungan, 16 Juli 1992
Tamatan          : UNIMED
Jurusan            : Pendidikan Geografi

2.      Sudah berapa lama mengajar di BT/BS Bima ?
Lebih kurang 1 bulan.

3.      Pelajaran apa yang diajar di BT/BS Bima ?
Geografi.

4.      Masih kuliah atau sudah tamat kuliah ?
Masih kuliah.

5.      Apakah sebelumnya memang berencana menjadi tentor ?
Ya.

6.      Metode apakah yang digunakan saat mengajar ?
Ceramah.

7.      Bagaimanakah strategi yang digunakan dalam mengajar ?
Pakem.

8.      Apakah ada strategi khusus dari BT/BS Bima dalam mengajar ? (Bagaimana)
Cara cepat, pakem, menulis di white board dan tanya jawab.

9.      Apakah ada strategi khusus tersendiri dari tentor dalam mengajar sesuai dengan pelajaran yang diajarkan ? (Bagaimana)
Menjawab soal dengan cepat.

10.  Suka duka mengajar di BT/BS Bima.
Harus pandai mengatur jadwal agar tidak denda.


*      1 tentor Sejarah

1.      Data Diri.
Nama               : Evlin
TTL                 : Pematang Siantar, 29 Mei 1990
Tamatan          : USU
Jurusan            : Sejarah

2.      Sudah berapa lama mengajar di BT/BS Bima ?
1 ½ tahun.
3.      Pelajaran apa yang diajar di BT/BS Bima ?
Sejarah dan Sosiologi.

4.      Masih kuliah atau sudah tamat kuliah ?
Masih kuliah.

5.      Apakah sebelumnya memang berencana menjadi tentor ?
Iya.

6.      Metode apakah yang digunakan saat mengajar ?
Metode explaining dan asking (menjelaskan dan menanyakan yang tidak jelas).

7.      Bagaimanakah strategi yang digunakan dalam mengajar ?
Mencoba menarik minat siswa dengan bertanya yang tidak mengerti dan memberi contoh yang ringan-ringan dan gampang dimengerti.

8.      Apakah ada strategi khusus dari BT/BS Bima dalam mengajar ? (Bagaimana)
Dengan memberi motivasi dengan tujuan meningkatkan semangat siswa.

9.      Apakah ada strategi khusus tersendiri dari tentor dalam mengajar sesuai dengan pelajaran yang diajarkan ? (Bagaimana)
Mencoba menanyakan apa yang mereka inginkan untuk diketahui dan berusaha dekat dan banyak bercanda dengan siswa.

10.  Suka duka mengajar di BT/BS Bima.
Suka : Menambah pengalaman, ketemu dengan siswa lucu dan pintar.
Duka : Siswa yang ribut.



2.2   Desain Poster
POSTER.jpg

2.3   Evaluasi

Tugas proyek mini ini sangat menambah pengalaman kami. Karena disana kami selain menemukan pembelajaran kami juga mengalami sedikit hambatan. Adanya ketidak cocokan waktu sehingga proyek mini yang kami laksanakan pelaksanaannya sedikit terhambat. Tetapi itu semua tidak memudarkan semangat kami untuk terus melanjutkannya.

Dari proyek mini yang kami lakukan ini, kami dapat menyimpulkan bahwa terdapat kesamaan dari berbagai hal terutama dibagian strategi mengajar para tentor di BT/BS BIMA.


2.4   Testimoni



1.   Icfadila Hanisa Lubis (111301022)
Awalnya sedikit ribet dalam pengerjaan proyek mini ini, tetapi dengan bekerja sama dengan teman sekelompok, saya mulai merasa seru, saya merasa mendapatkan pengalaman baru yang berharga. Apalagi hingga pada tahap penyelesaian, saya merasa sangat puas dengan hasil yang kami buat meskipun belum dikatakan sempurna. Namun pengalaman dan pelajaran yang penuh manfaatlah yang membuat saya semakin puas.

2.      Mentari Br Purba (1113001028)
Dalam pengerjaan proyek mini ini begitu banyak suka duka yang saya rasakan. Saya belajar banyak hal selama pengerjaan proyek mini ini. Banyak pengalaman berharga yang saya dapatkan. Meskipun tidak seluruhnya berjalan dengan mulus dan cukup banyak kendala yang saya dan teman sekelompok saya alami selama pengerjaan proyek mini ini. Saya sangat menghargai prosesnya meskipun mungkin hasil kerja kami masih banyak kekurangan. Tetapi saya senang sudah memberikan usaha terbaik dari kami.

3.      Zulfa Dzatarohmah (111301108)
Proyek mini ini perdana bagi saya, tetapi saya merasakan manfaatnya. Saya mendapatkan pembelajaran dan pengalaman yang baru. Ini salah satu pengalaman yang berharga dalam hidup saya. Walaupun kami mengalami sedikit kendala dalam pelaksanaan dan penyelesaiannya.










DAFTAR PUSTAKA

Santrock., J.W. (2008). Psikologi Pendidikan (edisi kedua). Jakarta: Prenada Media Group.
http://www.scribd.com/doc/2466850/Strategi-Belajar-Mengajar

No comments:

Post a Comment